Sudahkah Anda Memberi Kabar

Jumat, 23 April 2010

Pengaruh Faktor SDM Terhadap Kualitas Informasi Laporan Keuangan Satuan Kerja Pemerintah

Peneliti : Fariziah Choirunisah

ABSTRAK
Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2005 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) menyebutkan bahwa karakteristik kualitatif laporan keuangan pemerintah adalah dipenuhinya prasyarat normatif yaitu relevan, andal, dapat dibandingkan, dan mudah dipahami. Makalah ini membahas sebagian dari hasil penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas informasi laporan keuangan pemerintah pusat terutama laporan keuangan yang dihasilkan Sistem Akuntansi Instansi (SAI). Pembahasan dalam makalah ini difokuskan pada pengaruh faktor sumber daya manusia (SDM) terhadap kualitas informasi laporan keuangan. Penelitian ini terdorong adanya bukti hasil audit BPK-RI terhadap kualitas LKPP selama 5 tahun terakhir yang selalu mendapat opini disclaimer.
Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kemampuan SDM merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas informasi laporan keuangan satuan kerja pemerintah. Kemampuan SDM berpengaruh terhadap relevansi informasi sebagai karakteristik kualitas informasi. Kemampuan SDM adalah kemampuan yang dimiliki oleh tim pelaksana SAI untuk menghasilkan laporan keuangan yang memenuhi syarat kualitatif sesuai SAP. Hal ini mengindikasikan bahwa jumlah keikutsertaan tim SAI dalam pelatihan terkait, pemahaman tim SAI terhadap peraturan, dokumen sumber, jenis laporan, sanksi keterlambatan penyampaian laporan, fungsi/cara kerja aplikasi, dan kemampuan penanganan kesalahan dalam aplikasi sangat diperlukan agar kualitas informasi laporan keuangan bisa diwujudkan.
Untuk menghasilkan informasi laporan keuangan yang berkualitas dibutuhkan SDM yang juga berkualitas. Dalam upaya peningkatan kualitas SDM terutama bagi tim pelaksana SAI, pemberian pendidikan dan pelatihan terkait perlu ditingkatkan. Intensitas dan kualitas materi yang diberikan pada saat pelatihan, baik tentang pendalaman ilmu akuntansi maupun sistem aplikasi juga perlu dioptimalkan. Pendidikan dan pelatihan ini sangat dibutuhkan untuk mengatasi kelemahan ketidaksesuaian latar belakang pendidikan tim SAI yang menunjukkan bahwa 79% dari responden berlatar belakang non akuntansi, terutama petugas akuntansi dan verifikasi data maupun laporan diperlukan pengetahuan khusus tentang akuntansi pemerintahan yang memadai.


Kata kunci : Kualitas Informasi Laporan Keuangan, Kemampuan Sumber Daya Manusia.
www. siap-bos.blogspot.com

Selengkapnya Silahkan Donwload Di Sini

Kabari Bos

 

Copyright © 2009 by KABARI BOS Powered By Blogger Design by ET