Sudahkah Anda Memberi Kabar

Jumat, 05 Juni 2009

Bagaimana Cara Membuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS)?


Apa sich yang dimaksud dengan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah & madrasah (RAPBS/RAPBM)? RAPBS adalah rencana biaya dan pendanaan rinci untuk tahun pertama RPS & RPM. RAPBS & RAPBM merupakan dokumen anggaran sekolah & madrasah resmi yang harus ditandatangani oleh Komite Sekolah & Madrasah dan Kepala Sekolah & Madrasah serta penanggungjawab perumusan RAPBS & RAPBM, untuk menjadi Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah & madrasah (APBS & APBM).

RAPBS & RAPBM dibuat hanya untuk satu tahun anggaran/pelajaran mendatang, dan terdiri dari 2 bagian: Pendapatan dan Pengeluaran. RAPBS & RAPBM mencakup semua biaya dan pendapatan yang ada pada Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya Tahunan, khususnya untuk tahun anggaran mendatang.

Pendapatan yang dicantumkan di RAPBS & RAPBM hanya mencakup dana dalam bentuk uang, baik yang akan diterima dan dikelola langsung oleh sekolah & madrasah. Pendapatan yang dicantumkan di RAPBS & RAPBM hanya mencakup dana dalam bentuk uang yang akan diterima dan dikelola langsung oleh sekolah dan madrasah.

Jika sauadara adalah kepala sekolah, komite sekolah, guru, wali murid, aktivis pendidikan rasanya penting untuk memahami lebih lanjut apa, bagaimana dan untuk apa RAPBS itu? Jika bapak/ibu/saudara tertarik mempelajarinya, silahkan langsung di download di bawah ini.

Dokumen dibawah ini merupakan bahan presentasi dalam kegiatan pelatihan penyusunan RAPBS untuk Komite Sekolah se-Kabupaten Sidoarjo 2008.


DONWLOAD

Kabari Bos

 

Copyright © 2009 by KABARI BOS Powered By Blogger Design by ET